Thursday, February 14, 2013

Tips-Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN) SD/SMP/SMA/SMK 2013


Ujian Nasional memang merupakan agenda tahunan pihak Kementrian Budaya dan Pendidikan Nasional yang berguna untuk mengukur kemampuan siswa yang berada di kelas XII, IX, dan VI. Memang kebanyakan siswa siswa di jelas XII, IX, dan VI sedikit merasa nerveous ataupun takut ketika akan melaksanakan Ujian Nasional. Untuk itu, saya ingin berbagi pengalaman saya pada waktu menghadapi UAN dulu tentyang tips-tips untuk menghadapi Ujian nasional bagi siswa SD/SMP/SMA/SMK..


1. Memahami 60% Materi Pelajaran
Usahakan anda sudah memahami materi-materi pelajaran yang akan diujikan sekitar 50-60 % karena dengan memenuhi standar tersebut akan memudahkan anda dalam mengerjakan soal-soal try out yang akan anda kerjakan sebelum mengerjakan Soal Ujian Nasional. Dari perjalanan-perjalanannya dalam mengerjakan try out ini akan ada proses penambahan penguasaan materi, sehingga sekitar H-7 UN, mungkin sudah menguasai 80-90 % materi pelajaran dan pastinya anda akan mudah dalam mengerjakan soal UN nantinya.
2.  Ikutilah Lembaga Bimbingan Belajar atau Les Privat
Dengan anda mengikuti lembaga bimbingan belajar (bimbel) atau les privat, anda akan bertemu dengan tentor-tentor ataupun guru-guru bimbingan/les yang akan mengajari anda tentang pelajaran-pelajaran yang akan diujikan. Memang kebanyakan dari para siswa tidak dapat menerima pelajaran yang diajarkan secara maximal, dan fungsi dari lembaga bimbingan belajar dan les privat itu adalah menembel pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah yang tidak dapat diterima  secara maximal. Namun untuk mengikuti tips ini, anda sudah harus menanamkan kata “NIAT” dalam hati anda, karena kalau tidak ada niat yang diperoleh akan tidak maximal. Di Lembaga Bimbingan Belajar atau les privat sering di adakan tes, itu akan membuat jam terbang anda dalam mengerjakan soal akan bertambah.
Namun apabila tidak ada bimbel di lingkungan tempat sekolah anda cukuplah minta pelajaran tambahan pada waktu kegiatan KBM disekolah. Sering-seringlah bertanya terhadap soal-soal yang belum benar-benar anda pahami.

3.  Siapkan Fisik Anda, Usahakan Selalu Sehat
Jagalah fisik anda saat H-30 hari menuju Ujian Nasional, pada fase tersebut anda harus menjaga pola makan anda, pola istirahat anda perlu di tambah, dan juga jangan terlalu keluar-keluar jarak jauh jika tidak perlu. Dalam mengerjakan Ujian Nasional memang membutuhkan kosentrasi yang prima oleh karena itu fisik anda harus diusahakan untuk selalu sehat. Tapi ingat konsentrasi memang perlu tapi jangan terlalu di porsis, sempatkanlah untuk bercanda ria dengan teman.

4.  Usahakan Tenang!!
Ketenangan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mengerjakan Ujian Nasional selain beberapa faktor lainnya. Usahakan harus tenang, hindari perasaan takut, nervous, cemas, galau, dll yang sering aku sebut sebagai faktor X. Sehingga jika faktor X itu terjadi pada diri anda, maka  anda akan merasa terganggu dalam mengerjakan soal nantinya. Banyaklah mengingat yang pada yang maha kuasa dengan selalu berdoa.

5.  Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari
Walaupun mungkin tidak terlalu berpengaruh besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional seperti pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin,  anda dari pihak sekolah tidak menyediakan, dll.
ü  Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
ü  Gunakan pensil yang mempunyai diamater inti pensil paling besar, sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah.
ü  Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
ü  Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
ü   Rautan dengan pisau yang tajam.
ü  Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi.
ü  Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapi dan menghindari kertas jawaban sobek akibat permukaan meja yang tidak rata.
ü  Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan acrylic untuk hasil yang maksimal.

6.  Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu
Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru.
ü  Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional.
ü  Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
ü  Salimlah kepada kedua orangtua dan guru  ketika berangkat saat akan berangkat menuju sekolah saat Ujian Nasional.

7.  Percaya Diri
Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kita sudah menguasai materi, ngapain kita harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun  Jeblok.

Dengan membaca artikel ini, anda mungkin akan terbantu dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya. Ini memang sedikit dari banyak tips-tips lain dalam menghadapi Ujian Nasional,
Sedikit dari saya, semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

No comments: