Wednesday, February 11, 2015

SOAL TRY OUT PRA UN 2015 AMBURADUL



Try Out Pra Ujian Nasional SMK pada 2015 sudah 2 hari dilaksanakan. Pada hari ke dua dillaksanakan Ujian Bahasa Inggris. Pelaksanaan ujian mengacu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan karena siswa kelas akhir, kelas IX SMP dan XII SMA/SMK, belum menjalankan Kurikulum 2013.
"Untuk acuan ujian nasional (UN) 2015 sudah ada permendikbud (peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan) yang ditandatangani Mohammad Nuh (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) pada 14 Oktober 2014. Karena ada pergantian menteri, nanti akan ada perubahan permendikbud soal UN," ujar Bambang Suryadi, Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan, di Jakarta, Senin (8/12/2014).
Ada pula hal lain terkait pelaksanaan UN yang mesti diperbaiki. Menurut Bambang, salah satu perubahan yang dibutuhkan ialah soal pelaksanaan UN Paket Kesetaraan B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA/SMK) yang dijadwalkan sesudah UN formal. Padahal, sebelumnya, UN pendidikan nonformal dilaksanakan pada hari yang sama dengan UN formal, tetapi dimulai siang hari.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan UN disebutkan, nilai akhir untuk menentukan kelulusan siswa merupakan gabungan dengan porsi seimbang antara nilai sekolah dan nilai UN, masing-masing 50 persen. UN SMA/SMK dilaksanakan pada April 2015, sedangkan UN SMP pada Mei 2015. UN dilaksanakan dengan dua cara, yakni tertulis dan daring (online).
Pada tahap try out hari yang kedua yaitu Bahasa Inggris. Ada beberapa komentar salah seorang guru “mengenai ketidakrelevannya soal dengan materi yang di ajarkan pada yang tertera pada kurikulum”. Demikian karena dalam pembelajaran tidak memuat materi yang diajarkan karena memang tidak ada dalam kurikulum,” Ujar Seorang guru yang mengajar disekolahnya. Selain itu kepada pihak Dinas Pendidikan Setempat/pembuat soal agar memperhatikan ketelitian dalam pembuatan soal, baik tulisan kalimat atau penomoran soal. Karena hal demikian dianggap sangat penting. Berikut ini ada beberapa lembar soal yang sempat admin dokumentasikan.
Soal yang tidak ada nomor soal
Soal yang tidak ada dalam kurikulum
Comments
0 Comments

No comments: