Saturday, December 19, 2015

Bagaimana Cara Agar Percaya Diri Saat Berbicara Di Depan Umum dan dapat menyampikan pesan dengan baik dan jelas


Percaya diri saat berbicara

Ada  pertanyaan dari sahabat rona presentasi.
Pertanyaannya seperti ini:
Assalamu’alaikum war.wb.
Salam hormat dan salam kenal.
Saya seorang ibu umum 60 tahun. Sebagai PNS yang punya jabatan saya terkadang dituntut bicara didepan audiens. Tapi saya ini orang yang tidak percaya diri sehingga gemetar kalau sudah tampil dan apa yang mau saya sampaikan menjadi tidak jelas. Tolong beri saya ilmu Anda bagaimana cara jitu agar bisa tampil dan dapat menyampaikan dengan baik wajar dan jelas.
Matur nuwun balasannya, semoga Allah saja yang akan membalas kebaikan Anda.
Pesan tersebut dikirim via sms.
Sekilas pertanyaan tersebut cukup sederhana. Tapi untuk dapat memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut tidak sesederhana seperti pertanyaan yang diajukan.

Karena itulah akhirnya saya meminta kepada sahabat tersebut untuk mengirim email supaya nantinya saya bisa memberikan jawaban secara terperinci atas pertanyaan yang ia ajukan. Dan alhamdulillah setelah beberapa jam kemudian jawaban dari pertanyaan tersebut sudah saya kirimkan.
Nah kalau Anda juga mengalami hal yang sama.
Saya akan mengajak Anda untuk melihat jawaban yang saya sampaikan yang intinya untuk bisa tampil percaya diri saat berbicara di depan umum dan dapat menyampaikan pesan dengan baik dan jelas ada beberapa hal yang harus dilakukan.
1. Menguasai materi
Ini adalah syarat pertama dan salah satu fondasi utama untuk bisa percaya diri, bisa berbicara dengan baik dan jelas. Baik untuk melakukan pidato, presentasi atau yang lain.
Anda harus tahu, di dunia ini tidak ada satu orang pembicara sekalipun yang akan bisa tampil percaya diri, bisa berbicara dengan baik dan jelas kalau mereka tidak menguasai apa yang ingin bicarakan atau apa yang akan mereka sampaikan.
Jadi menguasai materi mutlak bagi seorang pembicara.
2. Melakukan Persiapan
Anda harus tahu bahwa sebaik-baik presentasi atau pidato, adalah presentasi atau pidato yang dipersiapkan dengan baik.
Kenapa saya mengatakan demikian?
Karena persiapan ini penting.
Persiapan penting untuk memetakan ide, menstrukturkan ide, mengembangkan ide, menyempurnakan ide, menyiapkan alat pendukung dan lain sebagainya.
Lo, kalau saya sudah menguasai materi apakah saya harus melakukan persiapan?
Bunkankah yang mau dikatakan sudah di luar kepala.
Nah ini yang jadi masalah.
Lantaran sudah merasa ahli banyak orang sudah tidak mau melakukan persiapan .
Akhirnya  apa yang terjadi?
Yang terjadi adalah kebanyakan presentasi atau pidato menjadi tidak efektif, tidak efisien dan tidak menarik. Meskipun presentasi itu disampaikan olah orang yang ahli.
Ini berbeda kalau seseorang mau melakukan persiapan.  Orang yang mau melakukan persiapan akan lebih percaya diri lagi, lebih tahu apa yang harus dilakukan, lebih siap kalau ada sesuatu yang diluar dugaan.
Apakah Anda masih berpikir untuk tidak melakukan persiapan?
3. Mengelola pikiran 
Setelah Anda menguasai bahan presentasi, Anda sudah persiapan. Sebenarnya Anda sudah memiliki modal dasar yang sangat-sangat cukup untuk bisa tampil percaya diri. Tapi kalau perasaan negatif menguasai Anda, semua bisa berantakan. Karena untuk bisa benar-benar percaya diri Anda juga perlu berpikir lebih positif. Tidak berprasangka atau berpikir tentang hal-hal buruk yang akan terjadi.
4. Mengoptimalkan kemampuan bahasa verbal dan non verbal
Ini adalah poin terakhir juga harus Anda lakukan.
kemampuan verbal dan non verbal ini adalah dua dari beberapa elemen penting dalam ilmu public speaking. Artinya selain kemampuan verbal dan non verbal masih ada elemen-elemen lain yang tentunya tak kalah penting penggunaannya dengan kemampuan verbal dan non verbal.
Namun karena kontek awal ulasan ini hanya membahas masalah bagaimana percaya diri dan bagaimana cara menyampaikan pesan dengan baik dan jelas. Maka dengan mengoptimalkan kemampuan verbal dan non verbal itu sudah cukup untuk menjadikan seseorang bisa bicara dengan baik dan jelas.
Untuk ulasan lengkap tentang cara menggunakan bahasa verbal dan non verbal silakan Anda baca ulasan saya tentang hal tersebut melalui link di bawah ini.

Cara menggunakan bahasa verbal dalam presentasi
Menggunakan bahasa tubuh yang efektif dalam presentasi

Apa yang saya tunjukkan kepada Anda dalam ulasan ini, hanya beberapa tips-tips dasar dalam ilmu presentasi dan public speaking.
Dan harus Anda tahu, jika Anda ingin memberikan presentasi yang lebih dari sekedar baik, Anda ingin memberikan presentasi yang hebat dan berdampak kuat, tidak akan cukup hanya dengan modal rasa percaya diri, tidak cukup hanya dengan bisa berbicara dengan baik dan jelas.
Tapi lebih dari itu Anda juga harus mengoptimalkan semua elemen yang ada.
Semua harus dimulai dari menguatkan fondasi dasar presentasi Anda, kemudian menguatkan isi konten Anda, memaksimalkan tampilan desain slide presentasi dan memaksimalkan penampilan Anda dengan teknik-teknik public speaking yang sudah teruji hasilnya.

Sumber: http://www.ronapresentasi.com/percaya-diri-saat-berbicara/
Comments
0 Comments

No comments: