Sunday, December 20, 2015

Memori Masa Lalu



"Masa lalu bukanlah sesuatu yang pantas untuk kita lupakan begitu saja, karena masa lalu sebenarnya turut membentuk kesuksesan yang akan kita capai di masa depan"

Setiap orang di dunia ini pasti punya memori masa lalu. Memori masa lalu itu bisa berupa dua macam, yaitu masa lalu yang indah atau yang buruk. Masa lalu yang indah merupakan masa lalu yang ingin selalu dikenang oleh diri kita hingga seterusnya karena masa lalu yang indah cenderung mampu memotivasi diri kita jadi lebih baik di masa depan dan membuat kita bersemangat ketika mengingatnya. Selain masa lalu yang indah, ada pula masa lalu yang buruk yang justru oleh sebagian besar orang tidak ingin dikenang dan ingin dilupakan dalam memorinya. 
 

Memang wajar apabila banyak orang yang tidak ingin mengingat masa lalu yang buruk karena kadang dengan mengingat masa lalu yang buruk itu membuat kita tidak mampu mengambil langkah baru di masa depan. terutama apabila itu menyangkut hubungan antar manusia. mengingat seseorang yang berarti bagi kita namun kita sudah tidak bisa bersamanya akan membuat kita tidak bisa lepas dari bayang-bayang seseorang itu dan membuat kita sulit untuk merancang langkah di masa depan.

Ada orang yang bilang bahwa masa lalu itu tak perlu kita lupakan tapi jadikan pelajaran untuk menatap masa depan. Bagi kalian yang punya masa lalu yang berhubungan dengan seseorang tapi belum mampu melupakan pasti sangat susah untuk move on dan menjadikan yang telah lalu pelajaran untuk menatap masa depan karena bagaimanapun untuk melupakan seseorang yang pernah berarti bagi diri kita itu sangatlah susah, karena semakin keras kita berusaha untuk melupakan, akan makin sering pula memori itu muncul. itu sebabnya saya lebih merekomendasikan pada kalian untuk jangan dilupakan karena masa lalu sebenarnya tidak pantas kita lupakan apapun keadaannya. Karena seburuk apapun masa lalu kita itu akan tetap menjadi modal untuk menghadapi masa depan. 

Banyak orang-orang hebat di masa kini itu justru lahir dari keterpurukan di masa lalunya. mereka bangkit dari keterpurukan itu dan kemudian membulatkan tekad untuk membuat perubahan di masa depan. lantas apakah orang-orang hebat yang telah mampu bangkit tadi kemudian membuang masa lalunya yang buruk? tentu saja tidak. orang-orang hebat itu malah menceritakan pengalaman buruk masa lalunya pada orang-orang disekitarnya ketika dia ditanyakan resep kesuksesannya. ini membuktikan bahwa orang-orang itu tidak membuang masa lalunya yang buruk karena mereka merasa bahwa pengalaman masa lalunya itu bisa memotivasi orang-orang lain yang belum berhasil seperti dirinya. dan lagi-lagi ini membuktikan bahwa masa lalu yang buruk itu memang tidak pantas kita lupakan. saat ini kita mungkin berusaha keras untuk melupakannya, tapi ingatlah bahwa ketika kita telah mampu bangkit dan mendapatkan kesuksesan nanti, kita akan mengingat masa lalu kita yang buruk dan tersenyum bangga karena kita telah mampu melewatinya.

Jadi buat kalian yang sampai saat ini masih gagal Move on dari masa lalu, tidak perlu berusaha terlalu keras untuk melupakan masa lalu karena semakin keras kamu berusaha melupakan, pasti bayangan masa lalu itu akan makin sering muncul. jalani saja apa yang ada saat ini, belajar dari masa lalu sehingga keburukan di masa lalu tidak terulang lagi dan tunggu sampai terjadi perubahan dalam roda kehidupanmu karena pada saat itulah kamu akan bisa benar-benar sadar bahwa masa lalu itulah yang telah menuntunmu sampai sejauh ini.
Comments
0 Comments

No comments: