Saturday, December 19, 2015

Tips Mempersiapkan Laptop atau Notebook Dengan Benar Untuk Mendukung Kesuksesan Presentasi


Mempersiapkan Notebook atau Leptop

Meski pada umumnya orang tahu cara menggunakan laptop untuk presentasi, namun ternyata masih ada juga orang yang tidak tahu bagaimana mempersiapkan alat ini dengan optimal.
Sehingga masih sering saya menjumpai saat presentasi berlangsung tiba-tiba presentasi terganggu oleh hal-hal sepele yang seharusnya tidak perlu terjadi.
Misalnya seperti layar berubah menjadi screen saver, tiba-tiba tampilan slide pada layar hilang karena berubah menjadi hitam, atau juga karena pesan-pesan notifikasi yang mengganggu jalannya presentasi.
Nah, supaya Anda bisa mengantisipasi hal-hal tersebut, maka ada baiknya Anda memperhatikan saran-saran berikut ini dalam mempersiapkan leptop atau notebook untuk keperluan presentasi Anda.

 
1. Matikan Screen Saver
Mengapa harus mematikan Screen Saver?
Supaya saat presentasi Anda tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti berubahnya tampilan slide menjadi Screen Saver.
Anda harus tahu ketika Screen Saver Anda aktif maka dalam jangka waktu tertentu saat mouse pointer tidak Anda gerakkan, tampilan layar monitor akan berubah menjadi Screen Saver. Hal ini akan mengganggu konsentrasi audiens dan mengganggu jalannya presentasi.
Cara mematikan Screen Saver cukup sederhana.
Jika Anda menggunakan windows 7 atau windows 8 caranya klik kanan pada Dekstop kemudian Anda pilih menu Personalize maka akan muncul halaman Personalization.
Selanjutnya Anda klik Screen Saver, dibagian pojok kanan bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, yang diberi tanda lingkaran.


Gambar 12. 1 Halaman personalization

Setelah Screen Saver Anda klik maka akan muncul jendela Screen Saver Setting.
Selanjutnya silakan pilih pengaturan Screen Saver pada pilihan None.

Gambar 12. 2 Mengatur Screen Saver pada pilihan None

Bagi Anda yang masih menggunakan Windows XP caranya klik kanan pada Desktop kemudian pilih Properties. Kemudian pada jendela Display Properties, pilih tab Screen Saver. Pada pilihan Screen Saver pilih None.

2. Pastikan power dalam keadaan Always on
Jika laptop Anda tidak dalam keadaan Always On maka ketika Anda tidak melakukan aktivitas apa-apa pada laptop tersebut untuk beberapa lama, bisa terjadi tiba-tiba layar monitor berubah menjadi hitam.
Bayangkan apa jadinya jika hal tersebut terjadi pada presentasi Anda. Di mana slide yang seharusnya tampil di layar proyektor tiba-tiba menghilang. Tentu hal tersebut akan mengganggu presentasi Anda.
Karena itulah Anda harus memastikan bahwa power Anda dalam keadaan Always On.

Bagi Anda pengguna windows 7 dan windows 8 Anda bisa melakukannya dengan cara klik pada ikon power (gambar baterai) biasanya di bagian pojok kanan bawah notebook atau komputer. Kemudian pilih More Power Option, maka akan muncul jendela Power Option Seperti nampak pada gambar berikut.

Gambar-12.3-Jendela-Power-Option

Selanjutnya klik Change Plan Setting, maka akan muncul jendela Edit Plan Setting. Kemudian pada Put The Computer To Sleep pilih Never kemudian Save Changes.

Gambar 12.4 mengatur Put The Computer To Sleep

3. Matikan Online Notification
Jika notebook atau komputer Anda terinstal software seperti skype, Yahoo Masanger atau yang lain pastikan semunya dalam kondisi non aktif saat Anda menggunakannya untuk presentasi.
Jika tidak diperlukan sebaiknya Anda matikan juga koneksi internet Anda. Jangan sampai ketika presentasi berlangsung tiba-tiba muncul pemberitahuan email baru, pesan skype, panggilan video atau pesan notifikasi yang lain, karena ini akan mengganggu konsentrasi audiens dan mengganggu jalannya presentasi yang Anda lakukan.

4. Pengaturan Layar
Pengaturan layar adalah bagaimana Anda mengatur layar yang berbeda-beda saat notebok atau komputer terhubung dengan proyektor. Ada tiga jenis pengaturan layar yang perlu Anda pahami yaitu Computer Only, Duplicate dan Extend.
Computer Only berarti Anda mengatur layar supaya apa yang tampil di layar monitor notebook atau komputer tidak terlihat dilayar proyektor. Hal ini biasanya dilakukan apabila kita menginginkan aktivitas pada layar noteboook atau komputer tidak terlihat dari layar proyektor.

Duplicate berarti Anda mengatur layar supaya apa yang nampak di layar monitor notebook dan layar proyektor sama persis. Ini adalah pengaturan paling umum dan paling sering digunakan oleh banyak orang.
Extend berarti Anda mengatur layar untuk mengaktifkan fungsi presenter view di powerpoint.

Presenter view adalah salah satu fitur dari PowerPoint yang memungkinkan kita melihat slide presentasi Anda, melihat urutan slide presentasi Anda, melihat catatan presentasi kita di layar monitor notebook atau komputer sementara audiens hanya melihat slide presentasi Anda di layar monitor.
Demikianlah tips bagaimana mempersiapkan laptop atau notebook untuk presentasi. Dengan menerapkan tips sederhana ini saya berharap presentasi Anda akan berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti.
Apakah Anda punya tips lain tentang cara mempersiapkan laptop atau notebook untuk presentasi? Jika punya silakan bagi melalui komentar.

Sumber: http://www.ronapresentasi.com/tips-mempersiapkan-leptop-atau-notebook-untuk-presentasi/
Comments
0 Comments

No comments: