Tuesday, June 21, 2016

5 Makanan Tradisional Indonesia yang Sudah Merambah ke Negara Lain

Makanan-makanan khas Indonesia banget ini diem-diem tanpa banyak koar-koar kayak Agnez Mo ternyata udah merambah ke seluruh dunia alias udah Go Internasional! Makanan apa sajakah itu? Apakah Agnez MO termasuk didalamnya? Tentu tidak! Inilah 5 makanan tradisional Indonesia yang sudah merambah ke negara lain!

Rendang

{source name="Waduh enak banget nih" url="http://tempatonlineku.net"}
Waduh enak banget nih via tempatonlineku.net

Ini jelas yang paling nendang. Masakan asli Minangkabau ini prestasinya pun sangat bisa dibanggakan. Bayangin aja, Rendang pernah jadi makanan numero uno dalam list 50 masakan paling lezat dunia versi CNN. Dan semua yang pernah makan Rendang asli dengan bumbu ori dari para ahlinya pastinya setuju akan hal ini. Setelah GR disebut makanan paling enak sedunia, Rendang kemudian traveling dan menjadi favorit di negara-negara seperti Itali dimana dia bahkan kawin dengan Pizza, dan di negara-negara Eropa lain dimana dia hadir dalam bentuk kalengan. Bikin bangga banget emang nih si Rendang

Bakso

{source name="Ini juga enak sih" url="http://lexyleksono.com"}
Ini juga enak sih via lexyleksono.com

Semua orang suka Bakso. Bahkan presiden paling dikenal sedunia bernama Barrack Obama pun berkali-kali menyatakan kecintaannya pada Bakso yang merupakan jajanan favoritnya waktu dia masih ingusan dan maen sama anak gang di Jakarta. Bakso ini mungkin awalnya memang gak murni lahir dari rahim Indonesia, menurut sejarahnya dia ada blasteran Cina juga, tapi Bakso-Bakso yang dijual jutaan Paklek dari Malang dan daerah sekitarnya jelas sudah merupakan Bakso yang khas Indonesia sekali. Kini Bakso bisa marak ditemui di Australia, Belanda, dan Amerika. Beberapa bahkan mengimpor pakleknya juga.

Gado-Gado

{source name="Enak juga nih" url="http://beritagar.com"}
Enak juga nih via beritagar.com
Makanan yang sangat bagus, mereka sampai menamainya dua kali. Gado-Gado kalau di luar negeri udah bisa dikategorikan sebagai salad belum sih? Yang jelas Gado-Gado bisa membedakan dirinya dari makanan berbasis sayuran lainnya dengan ciri khas berupa bumbu kacang yang tiada tanding tiada banding. Gado-Gado populer menjadi makanan favorit di negara Asia Tenggara lain dimana di situ mereka beradaptasi dan merubah diri biar bisa lebih akrab dengan lidah penduduk lokal.
FYI: Ada juga sebuah perusahaan furnitur Indonesia yang lumayan dikenal di mancanegara bernama Gado-Gado international

Nasi Goreng

{source name="Harusnya enak nih" url="http://graved.com"}
Harusnya enak nih via graved.com

Negara tetangga pasti mau klaim kalau makanan ini khas punya mereka, tapi kita sama-sama taulah kalau Nasi Goreng itu makanan otentik asal Indonesia. Nasi goreng ini makanan yang gak akan pernah ngebosenin karena bisa dicampur apa aja dan variasinya tak terbatas. Nasi goreng itu makanan yang konon paling gampang dibuat dan sudah menghasilkan jutaan lapangan pekerjaan di Indonesia. Di luar negeri sendiri Nasi Goreng sangat terkenal dan mereka sangat sadar bahwa makanan ini asalnya dari Indonesia dengan menamai menunya dengan “Nasi Goreng Indonesia” (ingat, bukan Fried Rice Malaysia)

Indomie


Produk makanan instan ini sangat terkenal dan disukai sampai-sampai mereka mengimpor dirinya sendiri dan promosi pun dilakukan sukarela dari mulut ke mulut oleh para penikmatnya. Kamu boleh tanya ke semua mahasiswa atau pekerja Indonesia yang berada di luar negeri, hal apa yang pasti akan mereka bawa saat ke luar negeri? Sekardus Indomie pasti menjadi jawabannya. Bagi penikmat mie instan diluar negeri sana, Indomie sudah mencapai status cult dan selalu dicari. Kamu bisa buka amazon.com dan cari Indomie Mie Goreng (dengan bungkus ikonik nan patriotik merah-putihnya) di sana. Lihat ratingnya yang hampir sempurna, lihat reviewnya yang penuh pujian. Kamu pasti bakal ikutan bangga karena mereka di sana harus beli mahal sementara kamu tinggal pergi ke warung terdekat.
FYI: Indomie menjadi produk makanan paling disukai di Nigeria, sampai-sampai mereka pernah mengira itu makanan ciptaan negaranya, sampai mereka tersadar bahwa jelas-jelas ada INDO di bagian depan nama makanan itu
Ikut bangga ya dengan prestasi internasional makanan-makanan khas ini, kamu paling suka makanan apa? Terus makananmu itu apa udah Go Internasional juga? Atau pura-pura Go Internasional aja kayak Agnez Mo? Oh ya jangan lupa juga share artikel ini biar para kontributor MBDC bisa beli Indomie sekardus tiap bulan.
Comments
0 Comments

No comments: